[Daftar] Gunung Tertinggi di Indonesia yang Indah Banget Pemandangannya

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah yang ada di sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dibandingkan sebuah bukit, tetapi memang ada beberapa kesamaaan. Secara umum, bagian daratan yang menonjol bisa disebut gunung apabila memiliki ketinggian minimal 600 meter di atas permukaan laut. Gunung bisa terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik dan/atau tektonik.

Negara kita, Indonesia, merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kepulauan bergunung-gunung atau biasa kita sebut pegunungan. Banyaknya gunung-gunung tinggi di Indonesia disebabkan letak Indonesia yang dilalui dua jalur pegunungan utama dunia yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Sirkum Pasifik melalui Sulawesi, Kepulauan Maluku, sampai Papua. Sedangkan sirkum Mediterania melewati Sumatera, Jawa, dan Kepulauan Nusa Tenggara. Sehingga banyak sekali gunung aktif maupun gunung mati yang ada di wilayah tersebut.

Di antara Gunung-gunung yang terdapat di Indonesia, Gunung Puncak Jaya yang terletak di Pulau Papua merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter dari permukaan air laut. Puncak Jaya juga merupakan Gunung Tertinggi di Oceania (jika Pulau Papua dianggap bagian dari Oceania) dan otomatis termasuk 7 Puncak Dunia (Seven Summits). Sedangkan Gunung Tertinggi kedua di Indonesia adalah Puncak Mandala yang sama-sama terletak di Papua dengan ketinggian 4.760 meter dpal.

Dengan fakta itu, maka jangan heran, gunung-gunung di Indonesia banyak yang menjadi destinasi liburan bagi para traveller, pecinta alam, dan pendaki gunung dari seluruh dunia.

Nah, bagi kamu yang gemar mendaki gunung, apakah sudah tahu gunung-gunung tertinggi di Indonesia itu?

Gunung Tertinggi di Indonesia

Inilah daftar urutan 10 gunung tertinggi di Indonesia beserta informasi tentang ketinggiannya, lokasi gunung tersebut, dan informasi pendakian.

Gunung tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia terletak di Papua, yakni Puncak Jaya. Gunung ini juga disebut sebagai Carstensz Pyramid dan merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Jayawijaya di provinsi Papua. Ketinggian Puncak Jaya adalah 4.884 meter di atas permukaan laut.

Secara geografis, Puncak Jaya juga menjadi gunung tertinggi di benua Australia dan kawasan Oceania. Puncak Jaya menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdiri dari gunung-gunung tinggi di Papua lainnya. Puncak gunung ini adalah satu-satunya tempat yang terdapat gletser salju.

Terdapat 3 titik tertinggi di Puncak Jaya, yakni East Carstensz Peak (4.808 mdpl), Sumantri (4.870 mdpl), dan Ngga Pulu (4.863 mdpl). Ketiganya menjadi satu bagian dari Puncak Jaya sebagai puncak gunung tertinggi di Indonesia saat ini.

Penakluk pertama Puncak Jaya adalah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, dan Frits Wissel pada tahun 1936.

2. Puncak Mandala

Gunung tertinggi kedua di Indonesia juga terletak di tanah Papua, yakni Puncak Mandala. Ketinggian gunung ini adalah 4.760 di atas permukaan laut. Puncak Mandala juga menjadi bagian dari Pegunungan Jayawijaya yang terbentang di provinsi Papua.

Gunung ini sering disebut juga sebagai Juliana Peak. Letaknya berdekatan dengan negara Papua Nugini yang ada di sebelah timur Indonesia. Pendakian pertama Puncak Mandala ini sudah dilakukan pada tahun 1959 oleh tim ekspedisi asal Belanda yaitu Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn, dan Piet ter Laa.

Suhunya yang sangat rendah membuat puncaknya selalu diselimuti salju. Namun itu terakhir dilihat di tahun 2003. Kini salju es di Puncak Mandala sudah tidak ada lagi.

3. Puncak Trikora

Urutan ketiga gunung tertinggi di Indonesia diduduki oleh Puncak Trikora. Sama halnya dengan Puncak Jaya dan Puncak Mandala, Puncak Trikora ini terletak di tanah Papua tepatnya di Provinsi Papua Barat. Ketinggian Puncak Trikora ini mencapai 4.750 meter di atas permukaan laut.

Puncak Trikora juga sering disebut sebagai Puncak Wilhelmina sebelum tahun 1963 (warisan pemerintah Belanda) dan Ettiakup. Gunung ini menjadi bagian dari Pegunungan Maoke. Banyak juga yang memperdebatkan apakah gunung ini berada di urutan 2 atau 3, namun lebih banyak yang sepakat jika Puncak Trikora sebagai nomor 3 gunung tertinggi di Indonesia.

Pendakian pertama Puncak Trikora dilakukan pada tahun 1913 oleh tim ekspedisi Belanda yaitu Franssen Herderschee, Hubrecht, dan Versteeg. Dulunya gunung ini memiliki salju es yang melapisi puncaknya sama seperti Puncak Mandala dan Puncak Jaya, namun telah mencair.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

4. Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimist atau sempat dikenal dengan nama Gunung Idenburg merupakan gunung tertinggi keempat di Indonesia. Letaknya di provinsi Papua. Ketinggian Gunung Pilimsit ini adalah 4.717 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Maoke di Barisan Sudirman Barat. Letaknya berada sekitar 15 kilometer dari Puncak Jaya yang menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

Pendakian pertama dari Gunung Ngga Pilimsit dilakukan pada bulan Februari 1962. Tim ekspedisi yang melakukan pendakian saat itu berasal dari negara Austria yaitu Heinrich Harrer dan Philip Temple.

5. Gunung Yamin

Posisi kelima urutan gunung tertinggi di Indonesia ditempati oleh Gunung Yamin, yang juga menjadi gunung tertinggi kelima yang terletak di provinsi Papua. Ketinggian dari Gunung Yamin ini adalah 4.540 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga sempat dikenal dengan nama Puncak Prins Henrik yang juga menjadi bagian dari Pegunungan Jayawijaya.

Gunung ini masih cukup misterius dan tidak ada catatan pendakian ditemukan di Gunung Yamin. Namun diperkirakan dibutuhkan waktu beberapa hari untuk mencapai puncaknya. Gunung ini struktur bebatuan gamping, klastik, dan karang glaciated.

5. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi berikutnya adalah Gunung Kerinci. Secara teknis, gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi di Indonesia di luar gunung-gunung yang ada di Papua. Ketinggian dari Gunung Kerinci adalah 3.805 meter di atas permukaan laut dan menjadi bagian dari Pegunungan Bukit Barisan.

Gunung Kerinci terletak di provinsi Jambi dan berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat. Letaknya dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat, tempat habitat dari spesies harimau sumatera dan badak sumatera yang terancam punah. Kerinci adalah adalah salah satu puncak impian yang menawarkan pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah.

Gunung ini masih aktif sampai sekarang sehingga juga menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia. Pendakian pertama dilakukan jauh pada tahun 1877 lalu oleh Arend Ludolf van Hasselt dan Daniƫl David Veth. Nama lain dari gunung Kerinci ada banyak di antaranya adalah Kerintji, Gadang, Korinci, dan Puncak Indrapura (Peak of Indrapura/Indrapoera).

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani Pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketinggian dari Gunung Rinjani adalah 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berstatus sebagai gunung berapi aktif dan menjadi gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci.

Di bagian puncak Rinjani terdapat sebuah kawah danau bernama Segara Anak atau Anak Laut, merujuk pada warna kawah yang berwarna biru seperti warna lautan. Kedalaman kawah danau diperkirakan mencapai 200 meter. Karena hal itu pulalah, gunung ini sering disebut sebagai gunung terindah di Indonesia. Lokasi tersebut dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yakni Senaru dan Sembalun.

7. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru dan melalui film "5 CM", Gunung Semeru menjadi semakin terkenal. Ketinggian dari gunung Semeru adalah 3.676 meter di atas permukaan laut. Letaknya ada di perbatasan kota Malang dan Lumajang, sehingga gunung ini juga menjadi gunung tertinggi di Jawa Timur.

Penakluk pertama Gunung Semeru adalah Clignet pada tahun 1838. Puncak dari gunung ini dikenal sebagai puncak Mahameru, yang berarti gunung agung. Gunung ini termasuk gunung berapi aktif. Terdapat kawah di puncaknya yang dikenal sebagai Jonggring Seloko.

Gunung ini sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Puncak Mahameru bisa ditaklukkan dengan menelusuri Ranu Pani, Ranukumbolo, Kalimati, dan Arcopodo terlebih dahulu.

8. Gunung Sanggar

Meski tak setenar Gunung Rinjani, Gunung Sanggar yang terletak di Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat adalah gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian Gunung Sanggar adalah 3.492 di atas permukaan laut, meski ada sumber yang mengklaim bahwa tinggi gunung sanggar hanya 3.564 mdpl atau 3.464 mdpl.

Berapa pun ketinggiannya, Gunung Sanggar tetap masuk dalam daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung ini berada pada barisan Rinjani. Karena kurang begitu terkenal, pemandangan di gunung Sanggar masih sangat alami dan segar. Gunung Sanggar akan membawamu ke pengalaman yang seru layaknya Gunung Rinjani.

9. Gunung Rantemario

Gunung Latimojong juga menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di Indonesia. Ketinggian gunung ini adalah 3.478 meter di atas permukaan laut.

Letak gunung ini adalah di provinsi Sulawesi Selatan, menjadikan gunung Latimojong sebagai gunung tertinggi di pulau Sulawesi. Lokasi dari gunung ini berdekatan dengan Kabupaten Enrekang.

Gunung ini juga dikenal dengan nama Bulu Rantemario. Jalur pendakian gunung ini pun sudah dibuka dibuktikan dengan adanya pos-pos bagi pendaki yang ingin mendaki ke puncak.

10. Gunung Slamet

Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 meter dari permukaan air laut adalah sebuah gunung berapi kerucut yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi destinasi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari ibukota kabupaten, Purwokerto.

Penutup

Nah itulah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia yang letaknya di seluruh Nusantara. Gunung-gunung tersebut merupakan gunung paling tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi para pendaki bisa mencoba tantangan dan menaklukkannya dengan mendaki gunung-gunung tersebut sembari menikmati pemandangan yang indah dan menawan.

Komentar